Home » » Resep Eclair

Resep Eclair

Written By Cetakan Puding Silikon on Jumat, 11 September 2015 | 09.54

Resep/Dapur Uji/foto: Budi Sutomo.

Bahan Kulit:
125 g margarin
125 g tepung terigu protein sedang/cap segi tiga biru
4 butir telur ayam
250 ml air
1 sdt pasta cokelat
¼ sdt baking powder
½ sdt garam halus

Bahan Vla:
300 ml air
40 g susu bubuk
4 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
1 sdm rum

60 g keju cheddar, parut
75 g gula pasir
2 butir kuning telur
1 sdm mentega
¼ sdr pasta vanili
¼ sdt garam
lapisan:
200 g dark cooking chocolate blok, potong-potong, tim hingga meleleh

Cara Membuat:
1. Kulit: Didihkan air, pasta cokelat,Margarin, dan garam. Rebus hingga mendidih. Masukkan tepung terigu, masak sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kental, licin, kalis tidak lengket di dalam panci. Angkat.
2. Setelah adonan hangat, masukan baking powder dan telur satu persatu sambil dimixer atau diaduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
3. Tuang adonan ke dalam plastik segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang. Semprotkan adonan memanjang di atas loyang beroles margarin.
4. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 200 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue mengembang, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dinginkan.
5. Potong sisi kue, isi dalamnya dengan vla keju. siram atasnya dengan cokelat tim, dinginkan hingga cokelat mengeras. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
6. Vla Keju: Larutkan tepung maizena, tepung terigu, susu bubuk  gula, dan garam dengan air. Masak hingga mendidih, mengental dan matang. Angkat. Selagi panas, tambahkan mentega, rum,  keju cheddar parut, vanili, dan kuning telur. Aduk rata, dinginkan. Vla siap digunakan.
Untuk 15 Buah

Tip: Jangan memasukan telur ketika adonan masih di atas perapian atau adonan masih panas. Akibatnya adonan tidak akan mengembang karena telur menjadi matang. Masukan telur ketika adonan sudah suam-suam kuku.

Sumber: budiboga.blogspot.com

0 komentar :

Posting Komentar